Isian

Hidup ini, setiap apa yang kita hadapi seperti soal isian yang pernah kita kerjakan saat duduk dibangku SMA. Jawabannya tidaklah pilihan ganda yang berisi satu kebenaran. Ini adalah soal isian yang jawabannya bisa jadi berbeda satu sama lain, berbeda dalam menangkap makna dari pertanyaan, berbeda panjang dan pendeknya jawaban karena pemahaman yang dimiliki, juga soal isian adalah soalan yang berkembang karena keleluasaan kita menjawabnya.

Hikmah yang bisa diambil bisa benar, bisa tidak. Bisa keliru, bisa salah. Setiap kejadian yang terjadi, ada orang yang berhasil menangkap jawabannya, ada yang tidak hingga ia harus belajar berulang kali untuk soal yang sama. Ada pula yang menangkap hikmah yang berbeda pada persoalan yang sama, semuanya benar.

Sebab jawaban-jawaban itu adalah jawaban yang lahir dari seluruh rangkaian hidup kita. Apa-apa yang terjadi, apa-apa yang kita rasakan, seluruh pemahaman yang terkumpul, seluruh latar belakang, seluruh sudut pandang yang ada dalam diri. Kita dan orang lain bisa jadi berbeda jawaban, tapi itu tidak berarti ada yang salah, dan ada yang benar.

Hidup ini adalah isian, hari berikutnya bisa kita isi dengan segala sesuatu yang bagi kita berharga dan layak untuk kita perjuangkan.

Yogyakarta, 30 Oktober 2017 | ©kurniawangunadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *