Ramadhan #20 : Syukur

Tulisan ini adalah bagian dari proyek 30 Hari menulis selama bulan
Ramadhan 1437 H. Tulisan ini dibuat oleh ©kurniawangunadi dan akan
dimuat pada pukul 03.25 setiap hari sepanjang bulan ramadhan. Semoga
tulisan ini bisa memberi banyak pemahaman baik.

image

Cara paling mudah agar rasa syukur bisa muncul adalah dengan melihat orang lain yang mungkin tidak lebih beruntung dari kita. Sehingga kita berkaca bahwa apa yang kita miliki saat ini itu benar-benar berharga. Nikmat untuk bisa merasakan sekolah, orang tua yang lengkap, kesehatan, dan segala hal yang selama ini kita keluhkan ternyata menjadi impian-impian yang mustahil bagi orang lain.

Rasa syukur itu menentramkan hati yang gelisah. Bagaimanapun juga, apapun yang kita miliki saat ini, bagaimanapun keadaan yang sedang menimpa kita saat ini, itu adalah kondisi terbaik untuk kita. Hanya saja, pengetahuan kita sebagai manusia yang terbatas, kita sering salah mengartikan apa maksud-Nya?

Kadang, kita baru bisa mengambil hikmahnya setelah jauh hari melewatinya. Setelah kita dihadapkan pada situasi baru dan tantangan baru, Rasa syukur itu bisa menyelamatkan kita dari kesombongan. Rasa syukur membuat kita merasa kita perlu untuk melakukan perintah-perintahNya, tidak hanya sebagai kewajiban, melainkan sebagai kebutuhan dan ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan.

©kurniawangunadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *