RTM : Memberimu Nama

Salah satu tugas orang tua adalah memberikan nama yang baik bagi anak-anaknya. Seperti nama yang kita miliki saat ini, semuanya tentu mengandung doa. Melewati perenungan yang berarti, melewati pencarian yang mungkin tidak mudah, juga ada harapan-harapan yang terkadung di dalamnya. Sudahkah kita tahu makna dari nama kita? Jika belum, segera bertanya kepada orang tua.

image

Dan saya baru menyadari jika memberi nama itu tidak mudah. Saya pikir, saya bisa dengan bebas memetik nama dari alam, dari hal-hal yang terlintas begitu saja. Ternyata tidak, ada harapan dari tiap huruf yang diambil, dari tiap kata yang dipilih. Ada banyak sekali doa yang termaktub di dalamnya.

Nama itu tidak bisa tidak pasti juga bagian dari ikhtiar orang tua yang tidak bisa kita kecilkan. Nama yang menjadi milik kita saat ini, adalah nama terbaik. Nama yang indah.

Saya akhirnya menyadari, tidak ada nama yang rumit, tidak ada juga yang amat sederhana. Semudah atau sesulit apapun pengejaannya, setiap nama mengandung makna yang tidak bisa diabaikan. Semoga nama itu menjadi sifat dan sikap pada diri seorang anak.

Kini, saya mengerti bahwa nama ini akan menjadi tanda, akan menjadi penanda seorang anak. Nama ini akan disebut oleh manusia lainnya, juga oleh para malaikat, juga olehNya. Nama ini akan menjadi doa yang tidak pernah berhenti setiap kali ada yang memanggilnya, setiap kali ada yang menulisnya, setiap kali ada yang mengingatnya.

Salah satu tugas kami sebagai orang tua telah tertunaikan, memberi nama yang baik untuk anak kami, Ghinannisa Shabira Gunadi. Semoga ia tumbuh menjadi perempuan yang kaya akan kesabaran, perempuan yang senantiasa merasa cukup atas nikmatNya sehingga membuatnya menjadi seseorang yang mudah bersyukur.

Sabar dan Syukur adalah dua kata yang menjadi doa.

©kurniawangunadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *