Tulisan : Keputusan Bersama

Sewaktu masih sendiri seperti ini. Aku memiliki banyak keinginan yang ingin aku wujudkan ketika tidak lagi sendiri. 

Kelak. Tentang banyak hal. Diantaranya adalah pilihan untuk tinggal di mana, di kota mana, di desa atau kota. Berapa anak yang ingin dimiliki. Perkerjaan. Perjalanan. Bentuk rumah. Luas halaman dan luas kebunnya. Berapa kamar di dalamnya. Rencana pendidikan. Apapun itu.

Aku memiliki banyak rencana untuk itu. Namun ketika sore ini aku duduk sambil menikmati teduhnya rasa kopi. Aku merasa bahwa segala keputusan itu tidaklah akan aku sampaikan sepihak. Segala hal itu kelak akan menjadi keputusan bersama, tidak hanya keputusanku sendiri.

Pada akhirnya aku akan bicara. Kami akan saling bicara. Desa atau kota sebagai tempat tinggal kelak akan menjadi keputusan bersama. Di kota mana itu juga keputusan bersama. Berapa anak yang akan kami rencanakan, itu juga keputusan bersama.

Pada akhirnya aku harus tahu apa yang menjadi pilihannya. Pada akhirnya keputusan ini akan kami ambil bersama-sama. Setidaknya aku paham satu hal hari ini. Buatlah persiapan rencana namun bersiaplah untuk mengompromikannya.

Tidak semua yang menurut kita baik adalah baik juga menurut teman hidup kita kelak. Kondisi dan situasi akan terus berubah dan kelak pun akan banyak yang berubah.

Keputusan bersama ini adalah tentang belajar. Belajar bagaimana kita berjalan dalam satu jalan dengan orang lain. Dan jalan itu adalah pilihan bersama. Tidak saling meninggalkan. Namun saling menjaga dan mendorong.

Kita bisa berencana apapun hari ini. Tentang segala hal yang menjadi bayang-bayang kita ketika tidak lagi sendiri. Namun, persiapkanlah untuk mengkomunikasikan segala hal itu. Mengkompromikanya. Kemudian mengambil keputusannya, bersama-sama.

Perjalanan ini jauh, putuskanlah bersama. Jika kita masih memutuskannya sendiri. Jangan salahkan jika teman hidup pun akan membuat keputusannya sendiri.

Temanggung, 10 Desember 2013

© Kurniawan Gunadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *